ASUS ROG G752VS "Worth It" Ngga Sih?

Gambar 1 - ASUS ROG G752VS

Gamers membutuhkan solusi atas kebutuhan gaming di segala tempat. PC Desktop Gaming tidak menyelesaikan solusi karena tidak dapat dibawa kemana-mana dengan mudah. Laptop juga bukan merupakan solusi karena beberapa games berat akan lagging pada laptop atau menyebabkan laptop overheat karena pemakaian yang lama. ASUS sebagai salah satu perusahaan elektronik yang terkemuka di dunia mengeluarkan solusinya yaitu seri laptop Republic of Gamers (ROG) yang mana saat ini telah mengeluarkan produk andalannya yang terbaru yaitu "ASUS ROG G752VS". Spesifikasi ASUS ROG G752VS ini rata-rata setara bahkan melebihi PC Desktop Gaming jadi secara gak langsung lo membawa PC Desktop Gaming kemana-mana di tas lo.


1.0 SPESIFIKASI LAPTOP YANG DAHSYAT
    ASUS ROG G752VS memiliki spesifikasi yang WOW di laptop-laptop lain. Dari segi processor yang sangat kuat yaitu Intel® Core™ i7 6820HK Processor @2.7GHz yang bisa di-boost hingga 3.8GHz dan juga disisipkan Graphics Processing Unit (GPU) yang mumpuni pula yaitu NVIDIA GeForce GTX 1070 , dengan GDDR5 8GB VRAM dan juga memiliki Random Access Memory (RAM) yang tergolong sangat besar untuk laptop yaitu sebesar 64 GB, pokoknya urusan nge-game udah pasti bebas lag dah. Untuk penyimpanan data (storage) tidak perlu khawatir lagi kehabisan memori karena sudah dilengkapi dengan 512 GB NVME SSD ditambah 1 Terabyte (TB) HDD jadi lo gak usah khawatir kehabisan space saat nyimpen video-video HD maupun simpen game-game berat. Laptop ini juga memiliki layar yang Ultra HD 4K dengan dimensi layar 3840x2160 dan dijamin lo bakal puas nontonin video sama main game karena kualitasnya yang sangat wow.


Gambar 2 - Spesifikasi ASUS ROG G752VS
Bisa dilihat dari jenis prosesor yang digunakan bukan lagi menggunakan tipe M(Mobile) seperti pada laptop lainnya namun menggunakan HK(High Performance Graphics Unlocked) yang mana diperuntukkan untuk PC Desktop Gaming, sehingga kualitas gaming di laptop ini pasti gak bakal kalah jika dibandingin dengan PC Desktop Gaming.

2.0 DESAIN YANG TANGGUH DAN TAHAN LAMA
    Apakah dengan memiliki prosesor dan GPU yang bagus berarti laptop tersebut cepat panas dan rusak? tidak! karena laptop ini dilengkapi dengan sistem pendingin yang unik karena bisa mengarahkan panas dan debu keluar laptop lewat ventilasi yang sudah didesain berada di bagian belakang monitor laptop. Jadi gak perlu khawatir laptop lo berdebu di bagian dalam. ASUS ROG G752VS dilengkapi dengan 3D Vapor Chamber Thermal System yang dapat menurunkan suhu di GPU hingga 7 derajat celsius dan 2 derajat celsius di CPU. 3D Vapor Chamber diisi dengan cairan pendingin khusus yang ketika dipanaskan dapat berubah menjadi gas dan dapat mendinginkan laptop sehingga suhu laptop tetap stabil walaupun di prosesor di overclocked. Jadi lo mau main berjam-jam gak perlu khawatir laptop overheat bro. Untuk keyboard, ASUS ROG G752VS ini dilengkapi fitur backlit anti-ghosting keyboard dengan 30 key rollover. Untuk Baterai laptop tidak perlu khawatir karena sudah dibekali dengan baterai 8 cells dengan 90WHr(Watt Hours). Laptop ini juga dilengkapi banyak ports yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan yang bisa dilihat pada gambar 3 dibawah ini.

  
Gambar 3 - Ports pada ASUS ROG G752VS


3.0 PERBANDINGAN FRAMES PER SECOND (FPS)
    Inilah saat lo semua tunggu-tunggu yaitu perbandingan Frame per Second antar laptop dengan games yang berbeda. Frames per second sangatlah penting untuk menentukan kemulusan dan kelancaran tampilan games saat dijalankan. Dan untuk perbandingan FPS di setiap game bisa dilihat pada gambar 4 di bawah ini.

  
Gambar 4 - Perbandingan Frames Per Second
    Bisa dilihat pada gambar 4 bahwa ASUS ROG G752VS memiliki FPS yang sangat tinggi dan melebihi laptop pesaingnya. Dengan perbandingan FPS ini maka terlihatlah bahwa ASUS ROG G752VS memiliki kualitas yang sangat bagus dan lo dapat memainkan segala games tanpa khawatir dengan masalah lagging.

4.0 WORTH IT OR NOT?
     Telah dipaparkan tentang spesifikasi dan desain dari ASUS ROG G752VS, namun masalahnya adalah apakah laptop ini worth it untuk dibeli? Untuk harga laptop ini diluar negeri berkisar sekitar 2,999 USD, namun di Indonesia berkisar sekitar Rp 59.300.000. Dengan spesifikasi yang telah dipaparkan diatas, rasanya harga tersebut masih terjangkau untuk pecinta laptop gaming. Selain itu jika dibandingkan dengan laptop gaming lainnya, gua rasa akan lebih worth it untuk membeli ASUS ROG G752VS karena desainnya yang sudah didesain sedemikian rupa hingga dapat bertahan menjaga suhu panas stabil saat bermain game berat sehingga secara tidak langsung ini juga akan menjaga umur laptop dan selain itu performa ASUS ROG G752VS yang mengalahkan laptop gaming lainnya (bisa dilihat pada perbandingan FPS pada Gambar 4).
    Kemudian untuk masalah kedua yang mungkin ada yaitu masalah berat laptop ini sendiri yang berkisar sekitar 4,4 kg menjadikan laptop ini kurang portable. Namun jika dilihat lagi berdasarkan desainnya yang memang diperuntukkan untuk gaming, gua rasa ini masih cukup ringan, apalagi jika dibandingkan dengan PC Desktop yang sangat kompleks. Laptop ASUS ROG G752VS ini bahkan cenderung lebih tinggi spesifikasinya jika dibandingkan PC Desktop Gaming pada umumnya dan inilah yang membuat gua berfikir untuk membandingkannya dan masih lebih worth it ASUS ROG G752VS karena lebih portable dibandingkan dengan PC Desktop Gaming. Jadi secara tidak langsung lo membawa PC Desktop Gaming yang portable dan bisa dipindah dengan mudah kemana-mana.
    Dan untuk hal terakhir yang perlu lo pertimbangkan adalah para gamers akan terbebas dari lag pada game apapun dan hal ini menjadi daya tarik terbesar mengapa laptop ini "worth it" untuk lo beli. Jadi tunggu apalagi? Hidup ASUS ROG!

Comments

Popular Posts